Kamis, 25 Oktober 2012

Tips memilih Instalasi Listrik Yang Baik

Instalasi listrik yang baik adalah instalasi yang dapat berfungsi dengan baik dan memberikan keamanan dan kenyamanan dalam pengoperasiannya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, maka sistem instalasi listrik harus mengikuti Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL) yang berlaku dan menggunakan peralatan/komponen listrik yang memenuhi Standart Nasional Indonesia (SNI).
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat merencanakan instalasi listrik adalah sebagai berikut:
  1. Tentukan jumlah dan letak beban listrik yang akan dibutuhkan, misalnya penempatan lampu dan saklar, kulkas, mesin cuci, pompa air, microwave dll.
  2. Tentukan besar daya listrik PLN yang dibutuhkan dan total beban listrik yang terpasang. Biasanya cukup 80% dari total beban (daya) peralatan listrik yang akan dipakai.
  3. Kelompokkan beban listrik untuk memperhitungkan besar ukuran kabel dan peralatan pengamanan arus listrik atau hubung singkat (MCB).
  4. Pilih peralatan pengaman (MCB)yang berlogo SNI, jangan tergoda membeli produk palsu walaupun harganya murah karena produk palsu dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran
  5. Sesuaikan pemasangan stop kontak dengan penempatan peralatan elektonika, sebaiknya satu stop kontak untuk satu peralatan.
  6. Hindari pemasangan steker yang bertumpuk pada satu stop kontak. Steker yang bertumpuk dapat mengakibatkan panas pada kontak-kontaknya yang dapat mengakibatkan kebakaran.
  7. Lengkapi instalasi listrik dengan sistem pembumian (grounding) untuk pencegahan terhadaps entuhan langsung (tegangan sentuh). Bila sistim pengaman dilengkapi dengan RCCB, maka bahaya kontak langsung (tegangan sentuh) dapat dihindari.
  8. Tanamkan kabel pada tembok dengan dilindungi pipa, untuk instalasi listrik yang rapi dan kemudahan dalam penambahan atau penggantian kabel di kemudian hari. Hindari penyambungan kabel, kecuali untuk pencabangan dan sambungan ini harus dilakukan di dalam kotak sambung.
  9. Hindari pemasangan kabel telepon dan kabel listrik di dalam satu pipa, jarak minimum antara kabel listrik dan kabel telepon adalah 1 cm. Hal ini untuk menghindari gangguan pada sinyal telepon.
Instalasi listrik yang tidak terpasang dengan baik, merupakan sumber utama bahaya. Ikutilah petunjuk pemasangan instalasi listrik agar kita terhindar dari malapetaka.

1 komentar:

  1. mhn hapus gbr instalasi titik lampu yg sdh anda COPAS KARNA TDK relevan TANPA IZIN copas milik / hak cipta org lain ( sy )

    BalasHapus